Pemilihan Aki Mobil yang Tepat Perpanjang Usia Kendaraan Anda

09/30/2015 13:53

Bengkel mobil jakarta selalu jadi solusi tepat untuk penggantian aki baru. Berbicara soal aki, peran peranti ini sangatlah vital, terutama untuk elektrikal mobil. Fungsi utama aki adalah menampung listrik yang akan digunakan semua komponen elektrikal mobil. Simpelnya, aki bisa menggerakkan motor starter untuk menghidupkan mesin mobil.

Sama seperti halnya peranti mobil lain, aki juga memiliki usia pakai. Ada kalanya aki lama yang tak lagi berfungsi maksimal diganti dengan aki baru agar sistem kelistrikan mobil berjalan optimal. Ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui saat mengganti aki lama dengan yang baru, di antaranya:

1. Pilih bengkel mobil resmi atau toko onderdil tepercaya untuk membeli aki. Di sana tersedia berbagai macam merek, spesifikasi, harga, dan jenis.
2. Bengkel mobil atau toko onderdil tepercaya biasanya mewajibkan mekaniknya untuk mengarahkan konsumen saat membeli aki yang sesuai dengan kebutuhan mobilnya.
3. Terdapat garansi akan vitalitas aki baru. Idealnya aki baru bisa bertahan 1,5-2 tahun pemakaian, jika sistem kelistrikan mobil Anda normal. Jika kurang, maka aki baru tersebut bermasalah.
4. Pilih bengkel mobil atau toko onderdil yang menyediakan layanan antar-jemput darurat. Jika aki  soak mendadak, Anda dapat langsung menghubungi pihak bengkel atau toko.
5. Selalu cek tanggal produksi aki baru. Pengecekan wajib dilakukan terutama untuk aki maintenance free (MF) dan hybrid yang usia idealnya adalah 1,5-2 tahun. Jadi, meski beli baru, namun sudah 6 bulan di toko, maka aki tersebut berkurang masa pakainya.  Hal ini tidak berpengaruh pada aki konvensional, karena cairan baru dimasukkan jika aki hendak di beli/ gunakan.
6. Spesifikasi aki harus sama. Jika Anda membeli aki baru dengan merek yang berbeda dari aki lama, itu tidak masalah asalkan spesifikasinya sama. Cara melihat spesifikasi, yaitu lihat deret angka yang tertera di kemasan atau badan aki. Sesuaikan juga spesifikasi voltase dan kapasitas aki dengan kebutuhan mobil.

Itulah cara memilih aki baru yang tepat sesuai kebutuhan mobil Anda. Sebenarnya, ada cara lain yang bisa digunakan untuk menangani aki soak. Cukup dengan menyetrum ulang aki dengan battery charger.

Jika aki sudah disetrum ulang dan berjalan normal, perlu diingat bahwa aki selalu memiliki usia ideal, yaitu 1,5-2 tahun. Jika sudah mendekati batas akhir usia pakai itu, maka aki harus diganti dengan yang baru di bengkel mobil resmi atau toko onderdil mobil.